Cara Mengatasi HP Bootloop Dengan Berbagai Metode

 


Bootloop pada ponsel memang menjadi permasalahan yang harus segera diatasi agar tidak menganggu Anda dalam megoperasikan perangkat. Lalu, sebenarnya bagaimana cara mengatasi HP bootloop yang tepat? Simak ulasan berikut ini mengenai jenis bootlop ponsel dan cara mengatasinya.

Apa Itu Bootloop?

Hal pertama yang perlu diketahui adalah pengertian dari bootloop ponsel itu sendiri. Bootloop merupakan salah satu masalah yang seringkali terjadi di software ponsel Andorid. Ponsel yang mengalami bootloop ditandai dengan mengalami kegegalan saat akan masuk sistem.

Pada saat ponsel Anda mengalami bootloop, layar perangkat hanya akan menampilkan logo merek dan Android saja. Gangguan ini tentu saja akan menghambat Anda dalam menggunakan ponsel apalagi untuk urusan genting di jam sibuk.

Bootloop pada ponsel ini bisa saja terjadi ketika Anda sedang melakukan restore file. Selain itu, terlalu sering melepas baterai juga bisa menyebabkan bootloop pada ponsel. Gangguan ini harus segera diatasi dengan cepat agar tidak bertambah parah yang malah akan mengabiskan banyak biaya.

Jenis Bootloop

Sebelum Anda mencari tah bagaiaman cara mengatasi HP bootloop, sangat penting untuk mengetahui jenisnya. Sebab, ada 2 jenis bootloop ponsel yang mempengaruhi tingkat keseriusan dari gangguan ini. Berikut ini penjelasan secara lengkap mengenai jenis bootloop yang bisa terjadi di ponsel Android.

·         Hard Bootloop

Hard bootloop ini dapat terjadi ketika gangguan masuk sistem yang ada di ponsel Android Anda terbilang sangat parah. Penyebab dari hard bootloop ini salah satunya, yaitu kegagalan dalam upgrade sistem operasi yang dilakukan oleh pengguna.

Selain itu, hard bootloop juga bisa tejadi karena penggantian stock room yang mengakibatkan proses masuk sistem terhambat dan tidak bisa berjalan dengan normal. Untuk meengatasi masalah hard bootloop ini, Anda bisa meminta bantuan servis ponsel apabila ragu untuk menanganinya sendiri.

·         Light Bootloop

Kedua, ada light bootloop yang tergolong dalam gangguan ringan dalam proses masuk sistem ponsel. Bootloop ini seringkali terjadi secara mendadak dimana tiba-tiba layar ponsel berwarna hitam, tetapi hanya beberapa waktu saja.

Light bootloop juga bisa ditandai dengan ponsel yang tiba-tiba memunculkan logo saja ketika sedang digunakan. Biasanya, light bootloop ini bisa terjadi ketika ponsel terlalu lama digunakan untuk bermain game, sehingga membuat sistemnya panas.

Tak hanya itu, proses instal aplikasi yang terlalu berat juga menjadi salah satu hal penyebab light bootloop. Biasanya ponsel yang mengalami light bootloop ini akan bisa dengan sendirinya setelah dbiarkan selama beberapa waktu.

Cara Mengatasi Bootloop

Anda tidak boleh mengabaikan bootloop ponsel ini, baik dalam taraf ringan maupun parah. Bootloop di ponsel Android harus segera diatasi agar kegiatan Anda dalam mengoperasikan perangkat tidak terganggu. Simak beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi HP bootloop berikut ini.

·         Wipe Cache Partition

Cara mengatasi HP bootloop yang pertama adalah dengan melakukan wipe cache partition atau dikenal dengan recovery mode. Langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan recovery mode ini cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol home+volume+power secara bersamaan.

Nantinya, ponsel akan langsung mengalami proses mulai ulang dengan tampilan setelan pabrik setelah wipe cache partition ini selesai. Cara ini cukup ampuh untuk membuat ponsel Anda kembali ringan dengan tampilan seperti baru.

Wipe cache partition cocok dipilih untuk mengatasi bootloop pada ponsel yang menyimpan terlalu banyak data. Anda bisa menggunakan cara ini sekaligus untuk menghapus data dan sampah file yang tidak lagi penting.

Keuntungan dari cara ini adalah untuk memperbaiki bootloop ponsel yang gagal ketika mulai ulang. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara ini ketika HP bootloop dalam mode tidak mau merespon sentuhan dan saat banyak aplikasi di dalam perangkat yang mengalami kerusakan.

·         Flashing ROM

Flashing ROM adalah alternatif mengatasi HP bootloop dengan cara membersihkan dalvik-cache secara otomatis. Langkah pertama untuk memulai flashing ROM, yaitu Anda harus mematikan ponsel terlebih dahulu dan membiarkannya selama 3 menit.

Berikutnya, tekan tombol power+volume down+home secara bersamaan untuk menuju menu recovery. Anda akan menemukan menu “advanced” yang harus dipilih dan lanjutkan dengan klik “wipe dalvik-cache”. Lalu, buka menu “mounts&storagage”, klik pada opsi “wipe&cache”, dan ketuk reboot.

Cara ini cukup ampuh dan mudah untuk Anda praktikkan ketika ponsel sedang bootloop, tetapi ingin segera digunakan dalam waktu cepat. Flashing ROM ini adalah cara yang bisa Anda coba ketika HP mengalami bootloop akibat melakukan restore backup data yang ukurannya besar.

·         Restart HP

Alternatif cara mengatasi HP bootloop selanjutnya, yaitu dengan restart ponsel. Cara ini menjadi alternatif yang paling mudah untuk Anda lakukan dan tidak memakan banyak waktu. Restart ponsel bisa dilakukan jika gangguan HP bootloop ini masih dalam tahapan yang ringan.

Anda bisa langsung saja melakukan soft reset sederhana dengan cara mematikan HP yang sedang bootloop. Jika HP ponsel Anda bisa dibongkar pasang, maka langsung saja lepaskan dari perangkat. Namun, jika baterai tidak bisa dilepas, maka Anda bisa membiarkan saja ponsel tersebut mati.

Setidaknya, Anda membutuhkan waktu selama 5 menit untuk membiarkan HP yang sedang bootloop dalam keadaan mati total. Lalu, Anda bisa mencoba menyalakannya kembali untuk memastikan apakah masalah bootloop ini masih terjadi atau tidak.

Jika ponsel sudah bisa digunakan, maka bisa disimpulkan jika bootloop ponsel masih dalam tahap ringan dan telah teratasi dengan restart HP. Namun, jika ternyata masalah bootloop tetap terjadi, maka Anda harus melakukan cara selanjutnya, yaitu factory reset.

·         Factory Reset

Factory reset menjadi alternatif cara yang ampuh untuk mengatasi HP bootloop, sebab ponsel akan dikembalikan ke setelan pabrik. Cara tersebut memang akan membuat seluruh foto, data dan aplikasi yang tersimpan di ponsel akan terhapus. Namun, ini lebih baik karena ponsel akan bisa digunakan lagi.

Sebelum melakukan proses factory reset, Anda harus memastikan bahwa baterai ponel minimal 70%. Berikutnya, langsung saja matikan HP dan diamkan selama beberapa menit. Lalu, nyalakan kembali ponsel dengan menekan tombol power+home+dan volume up selama beberapa detik.

Selanjutnya, layar ponsel akan menampilkan halaman recovery mode Android berisi beberapa opsi yang bisa dipilih dengan menekan tombol volume. Arahkan pilihan Anda ke menu “factory reset/wipe data” dan ketuk oke dengan menekan tombol power.

Lanjutkan dengan klik menu home untuk memulai proses factory ini yang akan berlangsung selama beberapa saat. Setelah proses reboot ini selesai, maka tampilan ponsel Anda akan kembali seperti awal saat pertama kali membelinya dimana hanya aplikasi bawaan saja yang terinstal.

Cara mengatasi HP bootloop di atas bisa Anda sesuaikan dengan kondisi gangguan yang dialami ponsel. Cobalah cara di atas untuk mengatasi HP bootloop secara mandiri, sebab jika Anda membawanya ke service ponsel malah akan berpotensi memakan banyak biaya.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال