Diet Alami Tanpa Olahraga? Begini Caranya!

 


Diet Alami Tanpa Olahraga? Begini Caranya!

 

Diet merupakan pola makan dengan cara membatasi atau mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan makanan tinggi lemak dan protein. Dianggap sebagai salah satu metode paling ampuh dalam menurunkan berat badan selain olahraga. Bagi yang menginginkan tubuh ideal dalam waktu cepat, mulai saat ini Anda harus menerapkan kedua metode tersebut.

Sekilas memang terlihat mudah, namun nyatanya cukup sulit dilakukan oleh orang-orang dengan aktivitas padat. Mereka sering tak memiliki waktu luang untuk melakukan olahraga saking sibuknya mengurusi pekerjaan. Anda mungkin mengalami hal yang serupa. Lalu, adakah cara untuk tetap dapat turun berat badan tanpa harus berolahraga?

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi terkait rahasia ampuh diet alami tanpa olahraga yang dapat Anda praktikan secara langsung.

Cari Tahu Dulu Yuk, Faktor yang Menyebabkan Berat Badan Naik

Anda mungkin perlu waspada bila merasa berat badan naik tiba-tiba belakangan ini. Karena ada sejumlah penyebab kenaikan berat badan yang mengindikasikan masalah pada kesehatan. Banyak orang berpikir penyebabnya adalah pola makan yang buruk dan tidak teratur, sehingga mereka berusaha mengubahnya untuk menurunkan berat badan.

Dalam beberapa penelitian bahkan disebutkan bahwa makan bukan nya sekedar makan, tapi juga dapat mempengaruhi kesehatan. Kalau dilakukan secara tidak teratur maka bisa memicu obesitas, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan berbagai penyakit lainnya. Masalah obesitas saja semakin meningkat di dunia.  Di Indonesia sendiri pada tahun 2010 diperkirakan terdapat 23 persen orang dewasa yang mengalami obesitas dan kebanyakan dari kaum wanita.

Masalah ini cukup menjadi perhatian karena dapat meningkatkan jumlah kematian. Obesitas memang dapat memicu berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker.  Nah, berapa berat badan yang dikategorikan obesitas? Untuk menentukannya dihitung dengan Body Mass Index (BMI). Dari perhitungan tersebut dapat diketahui apakah tubuh Anda terlalu kurus, ideal, gemuk, atau sudah termasuk obesitas. Rumusnya sebagai berikut =

BMI = Berat Badan / (Tinggi Badan)2

Kalau tinggi badan Anda 175 cm dengan berat 90 kg hasilnya adalah:

BMI = 90 kg / (1,75 x 17,5) = 29,4.

Kalau dalam perhitungan BMI, ini sudah masuk dalam kategori obesitas. Segera cari tahu cara menurunkan berat badan!

Cara Cepat Turun Berat Badan dalam Seminggu

Sebagai seseorang yang sangat memperhatikan penampilan, Anda tentu ingin tampil menarik di mata orang lain, bukan? Selain membuat lebih percaya diri, memiliki berat badan ideal juga membantu mengurangi risiko obesitas. Kalau saat ini Anda bermasalah dengan berat badan berlebih, maka segera benahi pola makan dengan diet.

Makan Dalam Porsi Kecil

Makan sedikit dan sering bisa membantu Anda yang sedang berdiet untuk memiliki tubuh sehat dan berat badan ideal.  Dalam studi yang dilakukan pada 11 perempuan gemuk, makan 6 porsi makanan kecil lebih baik daripada pola makan 3 kali sehari dengan porsi besar. Metode ini terbukti mengurangi jumlah berat dan mempertahankan massa non lemak.

Manfaat makan porsi kecil lainnya adalah membuat sistem pencernaan lebih mudah mengolah makanan dan mencegah penyakit jantung bila dilakukan dengan benar. Semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh juga lebih mudah terserap dengan pola makan ini.

Makan Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Atur menu makan sehat dalam seminggu, batasi asupan karbohidrat dan gantikan dengan sayur dan buah segar yang kaya akan serat.  Bagaimana serat dapat menurunkan berat badan? Pada dasarnya serat membantu kita merasa kenyang tanpa memakan banyak kalori. Selama bekerja ia membutuhkan asupan air yang cukup untuk bergerak melalui sistem pencernaan. Jika Anda berencana untuk melakukan diet tinggi serat, lakukan secara bertahap.

Menu sehat inilah yang harus diterapkan setiap hari supaya berat badan bisa turun tanpa olahraga. Kalau masih tidak bisa makan tanpa nasi, Anda dapat mengurangi porsi biasanya. Rutin minum jus buah, infused water maupun yogurt. Selain terbukti menurunkan berat badan, Anda juga bisa mendapat manfaat lainnya dari diet tinggi serat, seperti menjaga kesehatan usus, menurunkan kadar kolesterol, serta mengendalikan kadar gula dalam darah.

Batasi Konsumsi Makanan Pedas

Anda dapat mengurangi konsumsi makanan pedas untuk mendapatkan berat badan ideal. Diketahui bahwa makanan yang mengandung cabai bisa menambah nafsu makan yang membuat berat badan naik lebih cepat.

Mengurangi Junk Food dan Makanan Berminyak

Makanan tidak sehat ini memiliki pengaruh bagi kesehatan. Menjadi pantangan diet yang sebaiknya dihindari karena mengandung kalori tinggi, termasuk makanan berminyak. Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, sebaiknya segera menyingkirkan menu berikut ini:

·       Pizza

·       Roti

·       Pastry dan kue-kuean

·       Margarin

·       Minyak sayur pabrikan

·       Keripik kentang dan kentang goreng

·       Minuman mengandung gula

·       Es krim

·       Jus buah dalam kemasan

·       Daging olahan

Daftar makan di atas adalah musuh bagi kesehatan tubuh kita, sebab cenderung mengandung minyak trans dan menimbun racun dalam tubuh. Kurangi makan junkfood dan ganti dengan makanan yang dikukus, direbus, atau dipanggang yang kadar lemaknya lebih sedikit. Hal ini bisa dicoba sebagai langkah menurunkan berat badan tanpa berolahraga.

Rutin Minum Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kalau dikonsumsi dengan benar. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh kita. Ini belum dengan kandungan kalium, tiamin, vitamin B6, kalsium, dan zat besi dalam jeruk nipis yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, melawan infeksi, meredakan batuk, serta melancarkan pencernaan. Bahkan banyak penelitian yang mengatakan adanya manfaat jeruk nipis kalau diminum secara rutin setiap pagi.  Berikut ini cara mengkonsumsi jeruk nipis yang benar:

·       Cuci jeruk nipis dan potong dalam beberapa bagian

·       Peras dalam gelas yang sudah diisi air.

·       Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan irisan jeruk nipis ke dalam gelas.

·       Minum airnya dalam 1 hari untuk mendapatkan rasa terbaik.

Menghindari makanan dan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi

Mengonsumsi makanan yang manis memang dapat meningkatkan mood. Namun sebenarnya tidak dianjurkan kalau Anda ingin mempertahankan berat badan ideal. Selain berisiko obesitas, makanan berkadar gula tinggi juga dapat merusak gigi, menyebabkan diabetes, hingga penyakit liver. Organisasi Kesehatan Dunia WHO pun hanya merekomendasikan asupan gula per hari tidak boleh lebih dari 5%.

Contoh makanan dengan kadar gula tinggi:

·       Yoghurt rasa buah

·       Saus botolan

·       Salad dressing

·       Selai

·       Soft drink

·       Kopi dengan topping

·       Aneka kue

·       Puding

Anda bisa membatasi asupan gula tersebut dengan mengonsumsi buah-buahan segar, kacang-kacangan, biji-bijian, atau sayur yang membantu melancarkan pencernaan. Rasa lapar juga bisa ditekan dan menghambat keinginan untuk makan makanan manis.  

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan secara alami tanpa berolahraga. Selamat mencoba, semoga Anda berhasil mendapatkan tubuh bugar dan ideal, sehingga bisa tampil dengan lebih percaya diri. Namun perlu diingat bahwa ketika berhasil menurunkan berat badan, bukan berarti berat badan semula tidak akan muncul kembali. Kalau ingin mempertahankannya Anda harus menjaga pola makan dan tetap aktif berolahraga.

1 Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال