5 Makanan Berprotein Tinggi Ini Sangat Baik untuk Kesehatan

 



5 Makanan Berprotein TinggiIniSangat Baik untuk Kesehatan

Protein dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar karena memiliki banyak manfaat. Ini karena protein merupakan sumber energi selain karbohidrat. Karenaitu, mengkonsumsi makanan berprotein tinggi sangat diperlukan oleh tubuh.Beberapamakananberproteintinggisendiridiantaranyasebagaiberikut.

Putih Telur

Telur terkenal sebagai makanan yang kaya akan protein. Kandungan protein ini terdapat pada bagian putih telur. Dalam sebutir telur terdapat kandungan protein sekitar 6 gram.

Selain protein, sebenarnya telur juga mengandung nutrisi lain, seperti, kalori, vitamin, antioksidan, mineral, dan lemak sehat. Inimembuat telur cocok untuk dikonsumsi siapa saja, termasuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

Daging

Semua jenis daging, baik daging ayam maupun sapi mengandung protein hewani yang tinggi. Pada ayam, bagian yang kaya akan protein adalah dada. Pada bagian dada tanpa kulitterdapat sekitar 50 gram protein.

Sedangkan pada daging sapi, untuk memilih bagian yang mengandung banyak protein, Anda perlu melihat seratnya. Bagian serat daging yang terdapat garis-garis putih merupakan lemak. Jadi, makin banyak atau besar garis putih tersebut berarti makin tinggi kandungan lemaknya.

Daging sapi yang tidak mengandung lemak merupakan bagian yang memiliki banyak kandungan protein. Jadi, bagain itulah yang perlu Anda pilih. Daging sapi dan ayam, selain mengandung protein, juga kaya akan vitamin B12 dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan dan melindungi tulang.

Susu

Salah satumakanan berprotein tinggi selanjutnya adalah susu beserta produk olahannya. Selain banyak mengandung vitamin D, fosfor, dan kalsium yang bagus untuk tulang, susu juga kaya akan protein berkualitas tinggi.

Kandungan protein pada segelas susu sapi rata-rata adalah 8 gram. Bagi Anda yang alergi atau menghindari protein hewani, susu sapi bisa diganti dengan susu kedelai. Kandungan proteinnya sekitar 6,3 gram dalam satu gelas (236 ml).

Selain susu murni, olahan susu sapi juga memiliki kandungan protein tinggi,  sepertidalam keju dan yogurt. Kedua olahan susu ini sangat mudah dijumpai di pasaran. Kandungan protein yang terdapat pada keju dan yogurt berbeda-beda. Ini tergantung dari jenis keju ataupun yogurt tersebut,

Keju cottage merupakan jenis keju yang memiliki kandungan protein tinggi dan lemak rendah. Kandungan proteinnya sekitar 28 per 226 gramnya. Sedangkan kandungan protein pada yogurt sekitar 10 per 100 gramnya.

Makanan Laut

Berbagai jenis makanan laut juga memiliki kandungan protein tinggi. Makanan laut yang dimaksud seperti cumi-cumi, kerang, udang, dan semua jenis ikan laut. Kandungan protein ikan laut yang paling tinggi dimiliki oleh tongkol, salmon, dan tuna.

Pada setiap porsi ikan tuna mengandung protein sebesar 27 gram. Untuk ikan tongkol dan salmon, kandungan proteinnya sebesar 19 gar per porsi. Sedangkan pada udang, terdapat sekitar 20 gram protein per porsi.

Keuntungan dari mengonsumsi makanan laut selain proteinnya tinggi juga karena kaya kandungan mineral dan omega-3. Iniakan sangat bermanfaat untuk mendukung kinerja otak.

Kedelai dan Olahannya

Semua jenis kacang-kacangan mengandung protein tinggi, termasuk kedelai. Kedelai dikenal memiliki banyak manfaat, seperti dapat menurunkan kolesterol, mengurangi resiko kanker, dan berbagai manfaat lainnya.

Kedelai biasa diolah menjadi berbagai jenis olahan, seperti susu kedelai, tahu, dan tempe. Setiap olahan tersebut kandungan proteinnya masih terjaga. Jadi, bagi yang alergi terhadap protein hewani, produk olahan kedelai bisa menjadi solusi untuk asupan protein yang dibutuhkan tubuh Anda.

Demikian beberapa makanan berprotein tinggi, baik yang mengandung protein nabati maupun hewani. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi sangat penting bagi tubuh Anda. Jadi, jangan sampai melewatkan beberapa makanan di atas.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال